PENGERTIAN USAHA KECIL MENENGAH

Apa Sih Pengertian Usaha Kecil Menengah?

Pelajari dan Pilih Sesuai Kemampuan Ketrampilan dan Keuangan

Untuk anda yang ingin memulai usaha, tidak ada salahnya mengetahui pengertian usaha kecil menengah. Berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 99 tahun 1998, usaha kecil menengah adalah “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas ialah kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.” Usaha Kecil Menengah atau biasa disingkat UKM dimaksudkan untuk mereka yang memiliki kekayaan bersih tidak lebih dari 200 juta termasuk tanah dan bangunan yang dimiliki. Untuk omzet 300 juta keatas tiap tahun, pemerintah akan mengambil pajak dari hasil yang diraih karena pemerintah membutuhkan dana untuk infrastruktur.

Apa Jenis UKM yang ada di Indonesia?

Setelah mengetahui pengertian bisnis kecil menengah, anda sebaiknya mengetahui jenis usaha kecil kecil menengah yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali jenis bisnis kecil menengah yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya ternyata sangat menjanjikan dan mendatangkan keuntungan besar, yaitu:

  1. Bisnis fashion baju muslim

Bisnis ini saat ini tengah berkembang luas karena banyaknya jumlah muslim di Indonesia. Terlebih lagi, kondisi masyarakat yang lebih sadar ingin menggunakan baju muslim dalam keseharian. Hal ini menjadi nilai tambah omzet bagi UKM. Selain itu, bsinis fashion semakin berkembang seiring berkembangnya zaman dimana orang ingin baju yang lebih bagus. Selain itu, momen Ramadhan memegang peran penting dalam bisnis ini sehingga membuka kesempatan peluang yang sangat besar bagi pelaku UKM. Beberapa produsen bahkan membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi reseller sehingga membuka peluang yang lebih besar untuk mengembangkan usaha. Saat ini, bisnis kerudung tengah sangat berkembang semakin banyaknya wanita muslim yang memilih menggunakan hijab. Bahkan beberapa artis pun membuka lini kerudung dengan ciri khas masing-masing untuk ikut dalam bisnis kecil menengah ini.

  1. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner semakin berkembang di Indonesia. Tidak hanya makanan khas negeri, makanan khas Jepang, Taiwan dan beberapa negara Asia lainnya pun turut memperramai bisnis kuliner yang ada. Bahkan beberapa telah mengembangkan sistem franchise untuk kerjasama yang lebih luas. Tidak hanya itu saja, beberapa bisnis minuman pun telah berkembang luas dengan banyaknya waralaba yang ada.

  1. Bisnis kerajinan

Bisnis kerajinan terutama di daerah Jepara dan Bali telah berkembang pesat. Beberapa bahkan telah sampai diimpor sampai ke lyuar negeri dan mendatangkan omzet besar. Ciri khas bentuk dan kualitas menjadi daya tarik tersendiri untuk bisnis UKM ini. Bisnis kerajinan memang mengalami perkembangan dan penurunan seiring dengan kondisi pasar. Namun beberapa pengusaha bisa tetap bertahan di tengah kondisi pasar yang tidak menentu dan bisa sukses.

  1. Bisnis bidang pendidikan

Bisnis bidang pendidikan terasa jelas dari banyaknya bimbingan belajar, tempat kursus dan ketrampilan. Banyak UKM jenis ini sering mengadakan perkumpulan untuk pengukuhan ijin dan berbagi informasi.

Bagaimana Memilih Jenis Bisnis yang Tepat?

Setelah mengetahui pengertian usaha kecil menengah, anda sebaiknya mulai memikirkan pemilihan ide bisnis. Ada banyak ide bisnis UKM yang ada di Indonesia. Beberapa kiat untuk memilih bisnis yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui tingkat kemampuan

Mengetahui tingkat kemampuan tak hanya dinilai dari kemampuan otak dan keterampilan saja. Karena bisnis kecil menengah juga memerlukan modal yang lumayan, anda juga harus mengukur keuangan anda. Dengan begitu, anda bisa memilah bisnis mana yang sesuai dengan kondisi keuangan. Untuk solusi, jika ingin memulai usaha dengan dana melebihi budget, anda bisa menjalin kerjasama atau mencari partner kerja. Namun untuk hal ini, anda harus memilih rekan yang bisa dipercaya agr bisnis bisa berjalan dengan lancar.

  1. Mengetahui jalur usaha

Jalur usaha seperti ketersediaan bahan baku dan pemasaran harus anda kuasai dengan baik. Hal ini penting untuk pengembangan usaha. Tanpa pengetahuan ini, anda akan tersesat dalam usaha dan tidak bisa berkembang. Ketersediaan karyawan yang terampil juga harus ada agar produksi bisa berjalan dengan baik.

  1. Mengetahui perijinan

Perijinan sangat penting untuk memulai usaha. Anda harus mendaftarkan usaha anda dengan kelengkapan informasi lahan, jenis usaha, jumlah karyawan, data karyawan, dan nomor pokok wajib pajak. Dengan perijinan yang lengkap, maka kontrol pemerintah bisa lebih bagus dan tidak akan ada masalah di kemudian hari.

  1. Mengetahui resiko kerugian

Mengetahui pengertian bisnis kecil menengah, anda pasti juga paham akan resiko kerugian yang akan dihadapi. Kalkulasi resiko kerugian yang ada agar anda tahu kemampuan keuangan yang ada. Untuk menghindari hal ini, pastikan anda telah memilih jenis bisnis yang tepat dan solusi keberhasilannya.

Dengan menelaah kemampuan yang ada dan beberapa informasi penting seputar bisnis, anda akan mampu memilih jenis usaha yang tepat. Hal ini penting agar usaha kecil menengah anda tetap berjalan dan tidak merugi. Dikarenakan skala kecil menengah, jika bangkrut akan sangat sulit untuk bangkit. Karena itu, pilihlah bisnis dengan resiko kerugian kecil.

Mengetahui keseluruhan pengertian usaha kecil menengah, semoga anda bisa memulai bisnis dengan baik. Selalu berhati-hatilah dalam setiap langkah dan lakukan inovasi untuk keberhasilan yang lebih besar. Bisnis kecil menengah adalah solusi terbaik untuk mengurangi pengangguran karena sistemnya yang padat karya. Bisnis ini perlu digeluti untuk mengembangkan masyarakat yang lebih kreatif dan lebih siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s