Usaha Rumahan Budidaya Gurami dan lele

Analisis Budidaya Lele vs Budidaya Gurame, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Budidaya ikan saat ini sedang menjamur. Banyak orang mencoba berbudidaya ikan karena meningkatnya konsumen ikan. Orang makin menyukai ikan sebagai makanan karena mengandung banyak gizi yang diperlukan tubuh. Selain itu, rasa ikan yang lebih lezat dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan membuat ikan begitu diminati. Untuk anda yang ingin memulai usaha, anda perlu mempertimbangkan budidaya lele vs budidaya gurame, mana yang lebih menguntungkan. Dengan memperhitungkan beberapa untung ruginya, anda bisa menimbang ikan mana yang lebih menguntungkan untuk usaha.

Dalam membudidayakan ikan, baik ikan lele maupun gurame, ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan. Selain budidaya lele vs budidaya gurame, mana yang lebih menguntungkan, anda juga harus mempertimbangkan mengenai lahan yang dibutuhkan, jenis ikan yang mau dibudidayakan serta teknik pembudidayaannya. Dengan pertimbangan tersebut, anda bisa mengurangi resiko kerugian.

Budidaya Lele vs Budidaya Gurame, Kiat Sukses

unduhan (2)

Sebenarnya budidaya lele lawan budidaya gurame hampir sama. Anda perlu memperhatikan pemilihan jenis yang unggul dan bebas penyakit. Selain itu, untuk kolam, karena masih pemula, anda bisa menggunakan kolam terpal agar biaya tidak terlalu mahal.. Budidaya lele vs budidaya gurame, mana yang lebih menguntungkan? Bacalah beberapa hal di bawah ini!

Untuk budidaya lele, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Memisahkan lele menurut ukurannya

Saat menaruh ikan lele peranakan dalam kolam terpal, pastikan lele dipisah menurut ukurannya. Lele adalah ikan jenis karnivora yang mudah memakan lele lain yang berukuran kecil. Agar anda tidak rugi, masukkan lele ukuran sama untuk menghindari kanibalisme.

  1. Pemberian jarak antara pengisian air dan pengisian ikan

Sebaiknya isi air 20% saja, setelah itu biarkan selama 1 minggu agar tumbuh lumut dan plankton. Setelah itu bisa diisi penuh dan ditaruh dedaunan serta diisi ikan dengan ukuran sama.

  1. Ciri bibit unggul

Ciri lele sehat dan merupakan bibit unggul adalah lincah dalam pergerakan, warna lebih terang, dan agresif.

  1. Menyamakan suhu

Jangan langsung menebar benih ke dalam kolam terpal. Lele sebaiknya dimasukkan terlebih dahulu kedalam ember dan ember dimasukkan ke kolam. Tunggu sekitar 15 menit untuk menyamakan suhu dan setelah itu, lele bisa dilepas.

  1. Memperhatikan rasio perbandingan lele dan luas kolam

Untuk kolam ukuran 2m x 1 m x 1m, anda bisa memasukkan 1000 ikan lele kecil berukuran 1,5-2 inci. Untuk ukuran yang lebih besar, anda bisa menyesuaikannya dengan jumlah ikan yang lebih besar.

  1. Memisahkan lele

Setelah lele ditaruh di kolam terpal selama kurang lebih 1 bulan, lakukan pemisahan menurut ukuran. Lele yang kalah makan biasanya ukurannya lebih kecil dan beresiko dimakan lele yang lebih besar. Karena itu, pisahkan menurut ukuran dan budidayakan lele yang lebih kecil di kolam terpal terpisah.

Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya gurame agar mengetahui mana yang lebih menguntungkan antara budidaya lele lawan budidaya gurame adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran kolam

Walaupun menggunakan terpal, anda harus membuat kolam budidaya gurame dengan ukuran yang pas. Ukuran yang tepat untuk budidaya gurame adalah 5m x 10 m. Dengan begitu, anda membutuhkan lahan yang lebih luas untuk budidaya gurame dibandingkan budidaya lele.

  1. Pembersihan terpal

Terpal yang digunakan untuk kolam harus benar-benar bersih. Terpal baru mengandung bahan kimia dan cat. Bersihkan dengan mencampur air dengan sedikit garam. Hal ini akan mensterilkan terpal dan bisa digunakan untuk kolam.

  1. Pemilihan bibit

Pemilihan bibit untuk budidaya lele lawan budidaya gurame pasti berbeda. Ada berbagai jenis bibit gurame yang bisa dibudidayakan. Tiap bibit memiliki kelebihan masing-masing dan mempunyai peminat masng-masng. Untuk pemula, anda bisa memilih gurame pedaging karena mudah diternakkan dan banyak peminatnya.

  1. Membersihkan kolam

Pembersihan kolam sangatlah penting dalam budidaya gurame karena kolam yang kotor bisa menyebabkan timbulnya penyakit pada ikan. Beberapa minggu sekali, bersihkan dasar kolam dan ganti dengan air baru. Hal ini akan membuat sirkulasi oksigen dalam air menjadi lebih bagus. Selain itu, ikan akan lebih sehat dan terbebas dari penyakit.

Dengan memperhatikan beberapa hal antara budidaya lele lawan budidaya gurame, anda bisa mengantisipasi dan menganalisis modal serta cara ternaknya.

Budidaya Lele vs Budidaya Gurame, Analisis Keuntungan dan Kerugian

Budidaya lele lawan budidaya gurame, anda bisa menganalisanya berdasarkan keuntungan dan kerugiannya. Pertimbangan modal dan sulit tidaknya cara ternak dan tempat pemasaran bisa menjadi pertimbangan.

Untuk budidaya lele, modal yang diperlukan lebih sidikit dan bisa dilakukan di tempat yang lebih sempit. Pembudidayaan lele cukup mudah namun memerlukan perawatan dan penambahan pakan ikan agar bobot lebih bertambah. Untuk pemasaran, ikan ini cukup disukai dan anda bisa memasoknya baik ke pasar maupun warung makan. Persaingan budidaya lele saat ini cukup ketat.

Sedangkan untuk budidaya gurame, dana yang diperlukan lebih besar karena memerlukan kolam yang lebih besar serta bibit yang lebih mahal daripada lele. Namun pemasarannya cukup mudah karena banyak yang meminati. Selain itu, harga jual gurame lebih mahal dan persaingan yang membudidayakan belum banyak. Karena itu, jika anda mempunyai modal yang lebih banyak, anda sebaiknya membudidayakan gurame saja.

Jadi, untuk budidaya lele vs budidaya gurame, mana yang lebih menguntungkan, anda pasti sudah mengetahui jawabannya bukan. Tetapi, jika modal anda tidak terlalu besar, anda bisa mencoba budidaya lele karena cara ternak dan pemasarannya yang cukup mudah.

Dengan analisa budidaya lele vs budidaya gurame, mana yang lebih menguntungkan, anda bisa menyesuaikannya dengan modal dan luas kolam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s